Saturday 24 September 2016

Captain fantastic (2016)


Ben merupakan ayah yang hidup bersama ke-6 anaknya dihutan,dia juga terisolasi dari masyarakat luar namun dia berambisi agar anak-anaknya menjadi orang luar biasa. Namun situasi itu tak berangsur lama. Suatu ketika tragedipun terjadi, tragedi yang mengharuskan mereka meninggalkan negara buatan mereka serta harus menempuh perjalnan jauh. Interaksi mereka dengan dunia luar membuat mereka harus mempertanyakan kembali perjalanan hidup mereka selama ini.

Captain fntastic merupakan film yang menceritakan tentang keterbukaanya masyarakat modern terhadap segala hal yang berbaur dengan menjauhnya hal-hal mendasar dalam hidup. seperti konsumerisme,sistem pendidikan,cara bertahan hidup dan kapitalisme. Idealisme yang dibawakan keluarga Ben dikemas apik dalam sebuah film ringan serta jalan cerita yang hangat. film ini akan sangat mudah memikat setiap penonton dengan tingkah lucu serta menggemaskan dari ke-6 anak Ben.

Karakter Bodevan,Kielyr,Vespyr,Rellian,Zaja dan Nai dibekali karakter yang Lovable, ini bisa dilihat ketika mereka bersatu untuk menyanyi dan menjadi sama-sama untuk hal yang menakjubkan. Mereka juga dididik dengan cara yang tidak biasa serta unik. Matt Ross yang menjadi sutradara sekaligus penulis naskah masih mempertahankan penempatkan beberapa adegan yang memberikan Nod di film ini, salah satunya yaitu cara yang dilakukan Ben untuk memanggil anak-anaknya dengan kata Bagpipe .Tujuanya untuk memberikan kesan kehangatan antar sesama anggota keluaarga. 

Yang menarik dari film ini jelas karakter Journey. seorang ayah yang menolak peradaban moderen ini memilih meninggalkan keramaian dunia luar. Salah satunya yaitu dengan memilih metode belajar anak-anaknya yang Home Schooling. Dengan bekal pengetahuan, fisik, serta mental yang jauh lebih baik dari anak-anak pada umumnya, ia bertekat menjadikan anaknya orang-orang yang luar biasa. Namun masalahpun terjadi ketika mereka bersentuhan dengan dunia luar,interaksi merekapun menjadi menarik. Baik itu ayah maupun anak-anaknya, mereka sama-sama mengalami kesulitan untuk beradaptasi.Dan pada akhirnya mereka harus melakukan suat hal yang membuat mereka dapat menerapkan gaya hidup terhadap gaya dunia luar.

Perasaan positif ini akan terasa tatkala telah selsai menonton filim ini, after-taste yang menawan dan mengagumkan ditambah beberapa adegan yang sangat ironik membuat film ini sangat spesial. Adegan penutupnyapun sangat sensaisonal, durasi akhir ini memperlihatkan kembali kejadian yang diperlihatkan 128 menit yang lalu. Meski tanpa adanya dialog dan scoring, penonton dapat merasakan hal itu lewat adegan yang dipertunjukan.

No comments:

Post a Comment