Monday 20 September 2010

FLASH OF GENIUS


FLASH OF GENIUS adalah film biografi tahun 2008 yang disutradarai oleh Marc Abraham. film ini berdasarkan artikel john sebrook new york dan inspiried by true story, ceritanya berfokus pada Robert kearns, seorang Doktor elektronika, dan pertempuran melawan Perusahan besar Ford Motor Company tentang perebutan hak cipta ketika mengembangkan intermiten atau wiper kaca depan mobil buatan robert kearns.


Ceritanya berawal ketika dia sedang menaiki mobil dengan anak-anaknya di tengah hujan dia mengeluh tentang wiper dimobilnya yang kecepatan motornya tidak bisa diatur, lalu suatu saat dia mendapat ide untuk membuat wiper seperti layaknya mata manusia yang berkedip setiap beberapa detik dan terus menerus.


Dengan dukungan keuangan dari Gil Previck ( Dermot Mulroney) Robert Mengubah ruang bawah tanah menjadi laboratorium untuk mengembangkan prototipenya dan ia melakukan tes pada tangki ikan sebelum ia pasang di mobilnya. lalu setelah alatnya jadi, dia menawarkannya ke perusahaan otomotif lokal.


Perusahaan otomotif lokal menyarankan untuk menawarkannya kepada Ford, setelah bertemu dengan pihak Ford, Robert Kearns menunjukan penemuannya tapi tidak menjelaskan cara kerjanya sampai menemukan kespakatan, Robert kearn pun bermaskud untuk memproduksinya sendiri, awalnya Ford “ menyetujui “ dengan syarat Robert meminjamkan salah satu prototipenya. Waktu berlalu, dan tak ada kontak lagi dari pihak ford.


Robert Crash sebuah konvensi dealer Ford dimana model terbaru mustang akan diluncurkan, dan mempromosikan wiper intermittent sebagai titik penjualan, menyadari perusahaan tersebut mengunakan gagasan Robert Kearns tanpa memberikan kredit atau pembayaran, ( adegan ini sangat nyesek banget apalagi ketika Robert kearns melihat mobil ford di deras hujan melaju kencang mengunakan wiper buatannya di depannya ) Robert jadi uring-uringan karena Ford tidak mau mengakui hasil penemuannya, robert kena stress mental, terus berusaha untuk menuntut Ford,maslalah ini bikin keluarganya berantakan, hilang pekerjaan, karena fokusnya untuk menuntut Ford dan ga mau berhenti sampai berhasil.


Setelah 12 tahun kemudian anak2nya mau membantu Robert untuk melawan Ford dipengadilan tanpa pengacara, merepresentasikan dirinya sendiri. Dan akhirnya Robert menang. ( adegan yang saya kira akan membosankan karena hanya adegan di pengadilan saja, tapi ternyata banyak banget dialog – dialog dan kata kata yang sangat menarik untuk disimak dan tak membuat bosan)

Nilai : 85/100

No comments:

Post a Comment